Star Finch

Starfinch (Neochmia ruficauda) adalah spesies estrildid finch yang ditemukan di Australia. Star Finch tinggal di habitat padang rumput kering dan savana kering.



Star Finch dibagi menjadi tiga subspesies:
1. Neochmia ruficauda subclarescens (mendiami tiga sub-populasi yang terpisah, dari Pilbara, Fitzroy River Valley dan Gibb River, Australia dari wilayah Barat sampai utara / perbatasan Queensland.)
2. Neochmia ruficauda clarescens (terdapat di Cape York Peninsula)
3. Neochmia ruficauda ruficauda (kemungkinan sudah punah)

Habitat Star Finch terancam oleh penggembalaan ternak yang berlebihan di padang rumput, merusak pelindung penting untuk kelangsungan hidup mereka serta sumber makanan dan air. Penggembalaan selektif selama musim hujan juga dapat merusak rumput yang diperlukan untuk bertahan hidup selama musim kemarau. Pembakaran padang rumput selama musim kemarau dapat mengurangi benih yang jatuh selama musim hujan dan dengan demikian mengurangi ketersediaan makanan yang dibutuhkan oleh Star Finch. Spesies ini juga terancam oleh perdagangan binatang.

Meskipun Star Finch telah terdaftar sebagai hewan yang terancam, tetapi burung ini sudah umum sebagai binatang piaraan. Spesies ini memiliki beberapa mutasi seperti warna Kuning & Cinnamon.


Scientific classification
Kingdom:     Animalia
Phylum:     Chordata
Class:     Aves
Order:     Passeriformes
Family:     Estrildidae
Genus:     Neochmia
Species:     N. ruficauda
Binomial name
Neochmia ruficauda
sumber: terjemahan bebas dari www.wikipedia.org

Artikel Terkait