Lawrence's Goldfinch

LAWRENCE’S GOLDFINCH



Lawrence’s Goldfinch mempunyai nama latin Carduelis Lawrencei, termasuk burung Fringillidae atau burung pemakan bijian.

DESKRIPSI FISIK
Lawrence’s Goldfinch adalah termasuk burung penyanyi berukuran kecil, namanya diambil untuk memperingati seorang ahli burung Amerika, Georges Newbold Lawrence.

Bulu jantan dewasa di musim kawin berwarna keabuan di bagian atas dengan warna hijau olive di belakang, bulu bagian dalam berwarna kuning. Sayap berwarna hitam dengan selap kuning cerah. Bulu sayap paling ujung berwarna kuning di ujungnya, membentuk garis kuning pada sayapnya yang hitam. Ekor berwarna hitam dengan warna putih di bagian pangkal ekor.

Bagian bawah berwarna kuning cerah pada dada dan perut atas. Bagian lain berwarna kelabu pucat. Wajah berwarna hitam juga pada bagian dagu, leher, kepala bagian depan. Pipi berwarna kelabu kecoklatan, paruh berwarna merah muda. Mata berwarna hitam dan kaki berwarna gelap.

Bulu jantan sewaktu musim dingin berwarna lebih pucat dengan warna kelabu kecoklatan di kepala dengan warna lebih kecoklatan pada punggung dan tengkuk.



Betina berwarna kelabu kecoklatan pada kepala dan wajah berwarna hitam pucat. Daerah berwarna kuning terlihat lebih pucat dan warna putih pada ekor lebih tidak terlihat dibanding dengan bulu jantan.



Burung muda hampir sama dengan betina dan berwarna lebih pucat dengan sayap kecoklatan.

HABITAT
Lawrence’s Goldfinch berkembang biak di hutan terbuka yang tidak subur, terkadang dekat dengan air dan rerumputan, tetapi juga kadang di belukar dekat pantai dan tempat tinggal penduduk pedesaan dekat dengan ladang bijian dan dekat sumber air.


Di musim dingin, burung ini bermigrasike tempat yang lebih terbuka seperti di dataran berair, padang rumput dan dataran rendah yang menyediakan bijian.



DAERAH ASAL
Di musim kawin, Lawrence’s Goldfinch hidup di Central Valley dan tebing-tebing pantai di California dam di bagian Utara Baja di California, Amerika Serikat.

Di musim dingin, hidup di daerah Selatan Arizona, bagian Selatan Barat New Mexico dan Mexico bagian Utara.


PAKAN
Pakan pokok Lawrence’s Goldfinch adalah bijian. Di musim dingin, pakan bervariasi tergantung dari daerah dimana burung tersebut hidup. Burung ini secara rutin mengkonsumsi garam dan mereka sangat tergantung dengan air.


PROTEKSI
Spesies ini sering menjadi target korban burung elang dan burung Jays, juga tupai yang sering menyerang sarang. Lawrence’s Goldfinch dapat punah bila tidak dibantu oleh manusia yang mengembang biakkan jenis burung ini tetapi saat ini populasi tetap bertambah.


(sumber: www.kicaumania.org) oleh: Kian Sing

Artikel Terkait