American Goldfinch



DESKRIPSI FISIK
American Goldfinch berukuran 11 – 13 sentimeter dengan lebar kepakan sayap 19 – 22 sentimeter dan berat 11 – 20 gram. Burung ini bisa hidup sampai 11 tahun. American Goldfinch jantan dengan bulu dewasa berwarna kuning cerah dengan topi warna hitam di kepala. Sayap berwarna hitam dengan garis putih, dan warna kuning di lengan. Daerah dubur berwarna putih. Paruh berukuran kecil, tirus dan merah muda. Mata berwarna hitam, kaki berwarna merah muda. American Goldfinch betina berwarna tidak secerah jantan. Bagian atas berwarna coklat kehijauan seperti buah olive, termasuk kepala agak kehitaman. Bagian bawah berwarna kuning kusam.

Di musim dingin. Burung dewasa dan yang belum dewasa berwarna kecoklatan atau bagian atas agak keabuan, yang jantan ada warna hitam di daerah kepala, paruh berwarna coklat agak keabuan.


HABITAT
American Goldfinch hidup di ladang rerumputan dan tanah lapang, termasuk di tanah hutan, daerah pertanian, kebun buah-buahan dan taman, pinggir jalan. Di musim dingin hidup lebih dekat dengan orang yang memberi pakan di kebun sampai dengan daerah penduduk.


kiri: jantan; kanan: betina. American Goldfinch sedang mencari pakan yang disediakan di kebun penduduk sekitar

DAERAH ASAL
American Goldfinch selama musim kawin hidup dari Canada bagian tengah, bagian Utara sampai bagian Selatan Nevada, Oklahoma dan Georgia bagian tengah. Di musim dingin, bermigrasi ke perbatasan Canada, dan bagian Selatan sampai Amerika Serikat bagian Selatan dan sampai negara Mexico.


kuning: musim panas; hijau: sepanjang tahun; biru: musim dingin


American Goldfinch di waktu musim dingin

PAKAN
Pakan American Goldfinch adalah biji-bijian, seperti biji dari berbagai rerumputan, pohon dan bunga liar. Selain itu juga beberapa serangga seperti ulat.


PROTEKSI
American Goldfinch mempunyai beberapa predator, seperti ular, tupai, burung blue jays, elang dan kucing.

American Goldfinch membantu mengendalikan pertumbuhan rerumputan dengan memakan bijiannya dan orang menyukai mereka datang ke kebun atau ke tempat pakan yang telah disediakan.

Populasi American Goldfinch tidak berkurang. Beberapa pembukaan lahan baru di bidang pertanian dan penebangan hutan memberikan keuntungan untuk burung ini dengan memakan bijian yang bertebaran.


(sumber: www.kicaumania.org

Artikel Terkait