Jaga Kesehatan Peliharaan Anda dengan 8 Jenis Makanan Burung Finch Ini!

Memberi makanan burung finch adalah salah satu bentuk perawatan yang dilakukan penggemar burung ini. Meski terdengar mudah, faktanya pemilihan makanan yang kurang tepat akan membuat warna bulu kehilangan kilaunya dan suara indah burung bakal bermasalah.

Jika Anda tidak mau finch atau pipit kesayangan jatuh sakit atau mengalami gangguan kesehatan lain, perhatikan makanan yang hendak diberikan. Sebagai rekomendasi, berikut ini ada delapan jenis pakan atau makanan yang bisa Anda siapkan untuk memenuhi kebutuhan finch yang dipelihara.


  1. Canary seed

Canary seed atau biji kenari termasuk pakan burung yang paling sering dibeli. Bahkan Anda bisa menanamnya sendiri kalau membutuhkan porsi makanan burung finch yang lebih banyak. Sekilas, biji kenari mempunyai bentuk yang menyerupai padi. Dalam pemberdayaannya sendiri biji-bijian ini termasuk yang membutuhkan waktu lama untuk tumbuh, jadi pastikan Anda mengantisipasinya.


2.             Jewawut



Disebut juga dengan sekoi, jewawut termasuk jenis serealia dengan bentuk biji yang relatif kecil. Sebelum dikembangkan menjadi pakan burung finch, jewawut pernah menjadi salah satu bahan baku makanan pokok di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara sebelum padi dibudidayakan. Namun jangan salah, kandungan nutrisi dalam jewawut sangat melimpah dan bagus untuk burung.


3.             Millet



Seperti jewawut, millet termasuk makanan burung finch menyehatkan karena kaya akan nutrisi. Betapa tidak? Biji-bijian tersebut mengandung 378,1 kalori, 11 gram protein, 8 miligram kalsium, 3 miligram zat besi, dan senyawa lainnya yang bakal memenuhi asupan nutrisi burung. Terutama untuk jenis yang ingin Anda ikutsertakan dalam kontes.


4.             Biji selada



Dibandingkan jenis-jenis sebelumnya, biji selada relatif sulit didapatkan. Hal ini disebabkan produksi yang tak terlalu banyak dalam satu tanaman dan sering dikonsumsi manusia. Stok biji selada khusus burung sudah tersedia di toko-toko pakan, sehingga Anda tak perlu mengumpulkannya, apalagi kalau Anda belum terbiasa mengolah makanan khusus burung.


5.             Linseed



Sekilas, bentuk biji-bijian ini bakal mengingatkan Anda pada kuaci dari bunga matahari. Hanya saja makanan burung finch tersebut punya rasa berbeda dan jarang dipasarkan di Indonesia. Kalau Anda belum mampu membelinya dari luar negeri, linseed bisa ditanam sendiri di rumah. Penampilannya yang cantuk bisa dijadikan pula sebagai dekorasi kebun atau eksterior hunian.


6.             Biji lobak



Seperti biji selada, kebanyakan biji lobak ditanam untuk konsumsi manusia. Anda yang kesulitan menemukan biji selada dapat menggantinya dengan biji lobak, baik dengan membeli di toko pakan atau menanamnya di rumah. Kandungan nutrisi dalam biji lobak pun terbilang banyak, sehingga aman dikonsumsi untuk burung finch.


7.             Fumayin 



Walau cukup mudah ditemukan dipasaran, jenis makanan burung finch ini terbilang kontroversial. Pasalnya fumayin memiliki kandungan narkotika yang memabukkan. Akan tetapi, saat diberikan pada burung finch, pakan ini justru akan meningkatkan libidonya. Maka dari itu fumayin direkomendasikan sebagai pembangkit birahi untuk masa kawin burung.


8.             Haver 



Pakan yang satu ini lebih akrab dikenal dengan nama oat, jenis serealia yang umum dijumpai di kawasan subtropis. Sebagai bahan baku makanan untuk manusia, haver kaya akan kandungan serat yang membuatnya kerap disantap untuk kepentingan diet. Sementara untuk burung finch, haver adalah pakan dengan kandungan nutrisi tinggi yang menyehatkan.

Demikian delapan jenis makanan burung finch yang bisa Anda siapkan untuk burung kesayangan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda!

Artikel Terkait