Cucak Hijau / Murai Daun

Cucak Hijau (Chloropsis sonnerati) atau biasa juga disebut cucak daun dan murai daun adalah burung kicauan yang warna tubuhnya didominasi oleh warna hijau. Dalam bahasa Inggris cucak hijau biasa disebut dengan Greater Green Leafbird.  
Cucak hijau menyebar di Semenanjung Malaya, Sumatra dan pulau-pulau di sekitarnya, Kalimantan termasuk pula Natuna, Jawa dan Bali. Tersebar luas tetapi tidak umum didapati, di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1.000 m dpl. Di Jawa, burung ini diketahui berbiak pada bulan April.

Perbedaan jenis kelamin pada cucak hijau yaitu adanya warna hitam pada pangkal paruh ke bagian mata dan sampai ke leher pada cucak hijau jantan. Sedangkan pada cucak hijau betina warna hitam ini tidak ada. Tetapi perbedaan warna ini hanya terlihat ketika cucak hijau jantan sudah dewasa. 
Cucak hijau termasuk burung pemakan buah-buahan, namun burung ini juga menyukai serangga seperti jangkrik belalang dan ulat. Cucak hijau termasuk burung yang susah makan voer, para hobies biasanya memberikan voer secukupnya dan memberikan pisang kepok sebagai makanan utamanya dan jangkrik sebagai makanan penunjang (ekstra fooding).
Klasifikasi Ilmiah Cucak Hijau
Kerajaan :  Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Passeriformes
Famili : Chloropseidae
Genus : Chloropsis
Spesies: C. sonnerati
Nama Binomial : Chloropsis sonnerati
Jardine & Selby, 1827
Cucak Hijau Jantan
Cucak Hijau Betina

Artikel Terkait